Sosok Wanita Misterius di Makam Ani Yudhoyono & Pengakuan Penggali Kubur Ibu AHY dan Annisa Pohan

oleh

Uri.co.id – Sosok Wanita Misterius di Makam Ani Yudhoyono & Pengakuan Penggali Kubur Ibu AHY dan Annisa Pohan

Diketahui, istri Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ), Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6/2019) lalu.

Dikutip dari kompas.com, Istri SBY, Ani Yudhoyono yang juga ibu Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY) dan mertua Annisa Pohan itu meninggal dunia di National University Hospital, Singapura.

Jenazah istri SBY, Ani Yudhoyono dibawa di sepanjang lorong rumah sakit NUH. Usai dinyatakan wafat pada pukul 11.50 waktu setempat, jenazah ibunda AHY dan mertua Annisa Pohan itu disemayamkan dan dibawa ke Jakarta.

Pada Minggu (2/6/2019), jenazahnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibat, Jakarta Selatan.

Sehari setelah Ani dimakamkan, ternyata ada seorang wanita misterius yang berkunjung di makamnya.

Dikutip dari Jakarta, wanita tersebut mengenakan baju oranye dan celana hitam.

Ia datang ke makam Ani Yudhoyono pada Senin (3/6/2019).

Wanita itu didampingi dua pria yang berdiri di sisinya.

Sesekali, ia meraba bunga dan juga menempelkan wajahnya di makam sang ibu negara.

Wanita tersebut juga memandang nisan Ani Yudhoyono.
Tubuh Ani Yudhyono yang ditutupi kain batik sebelum diterbangkan pulang ke Tanah Air.

Tubuh Ani Yudhyono yang ditutupi kain batik sebelum diterbangkan pulang ke Tanah Air. (Tangkap layar Twitter/@jansen_jsp)

Bahkan ia sempat membisikkan sebuah kalimat saat mengusap nisan itu.

“Yang tenang,” katanya.

Namun saat ditanya media, kedua pria yang mendampingi wanita itu memberikan keterangan bahwa mereka tak terikat dengan almarhumah.

Usai berziarah, ketiganya langsung pergi dari tempat tersebut.

Sebelumnya, Ani Yudhoyono meninggal usai divonis menderita leukimia pada Februari 2019 lalu.

Ia dirawat secara intensif di Singapura.

Selama itu pula, keluarga bergantian pergi ke negeri tersebut demi menjaga sang ibu negara.

Namun usai menjalani perawatan, kondisi Ani yang sempat membaik kembali drop sampai akhirnya meninggal dunia.
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono saat perayaan Kemerdekaan RI ke-69 di Istana Presiden, Jakarta, 17 Agustus 2014.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono saat perayaan Kemerdekaan RI ke-69 di Istana Presiden, Jakarta, 17 Agustus 2014. (AFP/ADEK BERRY)

Pengakuan Penggali Kubur Makam Ani Yudhoyono

Rasa kehilangan yang begitu mendalam kini tengah meliputi pak SBY dan keluarga setelah kematian ibu Ani Yudhoyono.

Ibu Ani Yudhoyono menghembuskan napas terakhirnya di National University Hospital (NUH) Singapura pada Sabtu (1/6/2019).

Ani Yudhoyono meninggal dunia setelah perjuangannya melawan penyakit kanker darah atau leukimia yang dideritanya sejak Februari 2019.

Almarhumah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata setelah disemayamkan di rumah duka yang bertempat di Cikeas.

Kepergian istri Presiden RI ke-6 ini menyisakan duka bagi rakyat Indonesia.

Ani Yudhoyono dikenal sebagai sosok wanita yang menginspirasi bagi semua kalangan, dari kalangan politisi hingga publik figur.

Sebut saja beberapa artis yang turut memberikan penghormatan mereka pada Ani Yudhoyono ada Ivan Gunawan dan Maia Estianty.

Mereka mengungkapkan penghormatan terkahir mereka melalui akun Instagram masing-masing, bahkan Igun sempat berkunjung ke kediaman Pak SBY di Cikeas.

Selain dari politisi dan publik figur, sebuah kesaksian yang datang dari penggali kubur, tempat Ani Yudhoyono dimakamkan.
Petugas menggali tanah untuk makam almarhumah Ani Yudhoyono istri Presiden ke 6 RI di Blok M 129 Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). Rencananya almarhumah akan dimakamkan pada hari Minggu (2/6/2019) berdekatan dengan makam istri Presiden BJ Habibie, Ainun Habibie.

Petugas menggali tanah untuk makam almarhumah Ani Yudhoyono istri Presiden ke 6 RI di Blok M 129 Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). Rencananya almarhumah akan dimakamkan pada hari Minggu (2/6/2019) berdekatan dengan makam istri Presiden BJ Habibie, Ainun Habibie. (NEWS/HERUDIN)

Diberitakan Wartakotalive.com, para penggali kubur itu merasa semangat saat menggali kubur untuk sang almarhumah.

Mereka mengungkapkan bahwa tanah yang mereka gali untuk lokasi pemakaman ibu Ani Yudhoyono sangat empuk.

“Ini tanahnya empuk banget. Mungkin bu Ani banyak amal ibadahnya, wallahu’alam. Kadang ada yang keras banget,” ujar seorang penggali seperti yang dikutip dari Wartakotalive.com.

“Dikasih air juga susah dicangkul. Isinya bebatuan. Tapi ini buat Bu Ani tidak ada kendala,” jelasnya.

Dengan semangat, petugas gali kubur yang terdiri dari empat orang itu memperdalam galaian dan merapikan dinding galian.

Diketahui Ani Yudhoyono dimakamkan di area Blok M tepatnya nomor 129, di mana posisi ini tepat berada di bawah makam Hasri Ainun Habibie, istri Pak Habibie.
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kanan) memberikan sambutan disaksikan Presiden Joko Widodo (ketiga kanan),Presiden ke-3 RI BJ Habibie (tengah), Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kiri), Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kedua kiri) saat kedatangan jenazah almarhum Ani Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019).

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kanan) memberikan sambutan disaksikan Presiden Joko Widodo (ketiga kanan),Presiden ke-3 RI BJ Habibie (tengah), Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kiri), Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kedua kiri) saat kedatangan jenazah almarhum Ani Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). (KOMPAS.COM/ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Pihak pengelola TMP Nasional Utama yang diwakili Iri Sapria selaku Kasubdit mengungkapkan pihaknya segera mengambil langkah dan menentukan lokasi pemakaman almarhumah begitu mendapat kabar duka dari Singapura.

Ia mengakui lokasi pemakam bukan merupakan permintaan keluarga, melainkan persiapan pihak mereka sendiri.

“Jadi ini bukan permintaan keluarga, justru kami menyiapkan.”

“Karena kami juga menyiapkan area yang khusus digunakan untuk penghormatan kepada tokoh-tokoh bangsa. Ya, itu ngumpul di makam bu Ani yang sedang digali itu,” jelas Iri Sapria seperti yang dikutip dari Wartakotalive.com.

Termasuk soal penentuan lokasi makam, kata Iri itu murni keputusan pihak pengelola.

“Jadi tak ada yang namanya kapling-kaplingan. Ya yang kosong saja ditempatin karena ini kan pada dasarnya bukan makam keluarga,” jelas Iri Sapria lanjut. 

Artikel ini tayang di GRID.ID dan GRID.ID ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!