Live Streaming Sidang Isbat & Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1440 H/2019 di TV One & Kompas TV INews

oleh

Uri.co.id – Live streaming sidang isbat dan Rukyatul Hilal awal Ramadhan 1440 H/2019 M di TV One, Kompas TV dan Inews TV dilaksanakan pada Minggu (05/05/2019).

Sidang isbat dan rukyatul hilal penenentuan awal ramadhan 1440 H/2019 M dapat disaksikan masyarakat Indonesia via live streaming TV One, Kompas TV dan Inews TV besok. 

Kementerian agama telah mengumumkan pelaksanaan sidang isbat dan Rukyatul Hilal penentuan awal Ramadhan 2019 lewat Instagram mereka, Jum’at (03/05/2019) kemarin.

Melansir dari laman Kaltim, Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama akan turut hadir dalam sidang penetapan 1 Ramadhan 1440 H ini.

Proses sidang akan dimulai pukul 16.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadhan 1440 H.

Adapun proses sidang, dijadwalkan berlangsung usai salat Magrib setelah ada laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Sidang tersebut merupakan sidang tertutup, dan hasilnya akan dimusyawarahkan untuk diambil keputusan penentuan awal Ramadan 1440 H.

Pihak terkait akan mengumumkan hasilnya secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang.

Sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).
Salat saat puasa ramadhan

Salat saat puasa ramadhan (Instagram halim.mayu)

Kementrian Agama juga akan menurunkan sejumlah pemantau hilal di seluruh provinsi di Indonesia.

Petugas pemantau hilal berasan dari Kanwil Kementrian Agama dan Kemenag kabupaten atau kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, Ormas Islam, dan Instansi terkait setempat.

Melansir dari Instagram Kemenag RI, Jum’at (3/5/2019) berikut pengumumannya:

Assalamualaikum #SahabatReligi. Salah satu agenda tahunan Kementerian Agama jelang bulan Ramadhan adalah menyelenggarakan Sidang Isbat penetapan 1 Ramadhan.

Nah untuk 1440 H ini, Sidang Isbat akan digelar pada hari Ahad, 5 Mei 2019, mulai pukul 17:00 sampai 19:00.

Ada tiga agenda utama selama proses Sidang Isbat, yakni pemaparan posisi hilal oleh ahli astronomi, dilanjutkan proses sidang isbat diikuti pimpinan Ormas Islam, ulama, dan delegasi negara sahabat.

Setelah itu, proses diakhiri dengan keterangan pers untuk disiarkan ke masyarakat. .

Tetaplah tersenyum. Mari #TebarkanKedamaian kapan pun, dimana pun, dan kepada siapa pun.
#Kemenag #SahabatReligi 
—————————— —
Kementerian Agama
Website: kemenag.go.id
Twitter: @kemenag_ri
Instagram: @kemenag_ri
Fanpage: Kementerian Agama RI
Youtube: Kemenag RI
—————————— —-

Bagi Anda yang ingin menyaksikan siaran langsung atau live streaming Sidang Isbat dan rukyatul hilal penentuan awal Ramadhan 1440 H/2019 M, berikut link yang bisa dipakai:

Kompas TV

LINK

TV One

LINK

Inews TV

LINK

Catatan: Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Link live streaming sidang isbat dan rukyatul hilal hanya informasi untuk pembaca. 

Uri.co.id tidak bertanggung jawab terhadap copyrights dan live streaming.

*Aturan Jam Kerja ASN Selama Bulan Ramadan 2019

Dari kompas.com, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin telah menentukan jam kerja bagi aparatur sipil negara (ASN) selama bulan Ramadan 2019.

Ketentuan itu ditetapkan dalam Surat Edaran Nomor 394 Tahun 2019 tertanggal 26 April 2019 dan ditujukan kepada para menteri, Kapolri, Panglima TNI, hingga kepala daerah.

Bagi instansi pemerintah yang memberlakukan 5 hari kerja, jam masuk untuk hari Senin-Kamis yaitu pukul 08.00-15.00, dengan waktu istirahat pukul 12.00-12.30.

Sementara, jam kerja untuk hari Jumat berlaku pukul 08.00-15.30, dengan waktu istirahat pada 11.30-12.30.

Untuk instansi yang memberlakukan enam hari kerja, ASN diharuskan masuk pada pukul 08.00-14.00 pada hari Senin-Kamis, dan Sabtu. Waktu istirahat berlangsung selama 30 menit, pada pukul 12.00-12.30.

Pada setiap hari Jumat, jam masuk yang berlaku bagi ASN di lembaga dengan enam hari kerja adalah pukul 08.00-14.30, dengan waktu istirahat pada pukul 11.30-12.30.

Total waktu kerja efektif selama bulan Ramadan bagi ASN minimal 32,50 jam.

“Jumlah jam kerja efektif bagi instansi pemerintah pusat dan daerah yang melaksanakan lima atau enam hari kerja selama bulan Ramadan minimal 32,50 jam per minggu,” demikian antara lain kutipan surat edaran tersebut.

Ketentuan pelaksanaan jam kerja selama bulan ramadhan 2019 lebih lanjut ditentukan pimpinan pemerintah pusat dan daerah.

Uri.co.id/noor masrida ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!